SIMULASI UAS ONLINE

1. Berdasarkan evaluasi kinerja kelompok saya,yaitu kelompok diskusi, saya melakukan beberapa prinsip dalam prinsip Evaluasi Pendidikan Orang Dewasa, antara lain :


a. Mempunyai tujuan yang pasti, maksudnya disini saya dan anggota kelompok saya yang lain memiliki tujuan yang sama dan pasti,yaitu agar saya mampu dalam menyelesaikan tugas saya terhadap kontribusi yang saya berikan dan saya juga berusaha sebaik mungkin agar saya dan teman kelompok saya yang lain bisa mempraktekkannya langsung kepada para peserta diskusi dengan baik dan tanpa ada hambatan, dan bagaimana cara kami mengkonsepkan agar metode diskusi kelompok nominal yang akan kami sampaikan kepada para peserta diskusi bisa tersampaikan dengan baik dan membuat para peserta diskusi bisa memahami, dan tertarik dengan metode diskusi yang kami terapkan, itulah tujuan dari kelompok saya.

b. Menggunakan instrumen yang tepat dalam evaluasi, maksudnya disini saya mencoba menggunakan instrumen yang tepat dalam mengevaluasi kinerja saya dan kelompok saya pada saat kami sudah melakukan ataupun mempraktekan metode diskusi nominal kami,yaitu dengan cara membagikan lembar kerja evaluasi kepada para peserta yang mengikuti diskusi, dengan cara ini kami bisa melihat feedback dari para peserta dalam penilaian mereka terhadap kami, dan begitu juga sebaliknya.

c. Evaluasi harus berkesinambungan, maksudnya disini saya dan teman kelompok saya yang lain, mencoba untuk menggabungkan semua hasil dari evaluasi para peserta diskusi, kemudian kami menelaah kembali kegiatan diskusi yang kami lakukan dari awal sampai diskusi berakhir, sehingga evaluasipun berkesinambungan dari hasil evaluasi yang telah digabungkan.



2. Prosedur yang saya pilih dengan kelompok saya dalam evaluasi kelompok saya,yaitu membuat penilaian atau pertimbangan dan Membuat kesimpulan, disini saya dan teman kelompok diskusi saya,melakukan penilaian atau pertimbangan terlebih dahulu dalam memilih metode diskusi mana yang akan kami sampaikan atau terapkan bagi para peserta diskusi yang akan mengikuti diskusi metode kelompok nominal, agar para peserta diskusi tidak merasa kebingungan dengan metode diskusi yang kami sampaikan dan tentunya kami selaku fasilitator sebelum menyampaikannya harus mempertimbangkannya agar kami bisa menguasai dan memahami apa isi dari kegiatan metode diskusi teknik nominal yang akan kami bawakan ataupun sampaikan, sehingga para peserta diskusi yang mengikutinya bisa membuat kesimpulan dari hasil diskusi tersebut.


TESTIMONI:
Dalam mengikuti simulasi ujian online ini,saya mengalami kendalan dalam conection internetnya,sehingga membuat saya menjadi bingung dan gelagapan, jadi konsentrasi saya terpecah untuk fokus dalam mengerjakan jawaban dari soal ujian tersebut. Tapi saya senang dalam melewati proses yang saya alami tadi, ada pelajaran yang saya dapatkan.