KEMAJUAN TEKNOLOGI DARI ZAMAN KE ZAMAN; Tugas Individu 1

Dahulu kala di zaman yang kata orang semua serba susah, karena di malam harinya saja mereka belum tentu bisa belajar. Kita tahu bahwa PLN saja saat itu belum lahir. Maksud hati ingin belajar, namun keadaan dan fasilitas tidak mendukung dan kesempatan untuk mengembangkan diri juga tidak ada, mereka nyaris tidak pernah tersentuh oleh namanya teknologi. Pokoknya beda dengan saya di zaman serba modern sekarang ini dari yang teknologi yang sederhana sampai ke teknologi yang sangat canggih pun ada. Sehingga tanpa teknologi saya pikir sebagai manusia saya tidak bisa apa-apa.

Karena dari teknologi inilah saya bisa mengenal lingkungan sekitar dan bisa mengenal dunia saya lebih dekat lagi. Semakin lama teknologi di dunia ini semakin pesat contohnya saja di negara Indonesia. Bagaimana tidak, sekarang saja sudah banyak orang yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang pada saat ini. Jangankan orang lain, saya sendiri pun secara tidak langsung sudah ikut menggunakan dan memanfaatkannya.

Seperti halnya pengalaman pribadi saya yang langsung saya rasakan saat ini yaitu, di lingkungan kampus saya, sekarang tidak ada kampus yang tidak memanfaatkan teknologi di zaman sekarang ini. Contohnya Laptop, hampir setiap ada tugas, saya tidak pernah lupa untuk membawa Laptop ke kampus, karena jika saya membawa Laptop ke kampus maka ini akan jauh lebih efisien, dan lebih simpel, jauh perbandingannya di saat saya masih jadi pelajar di bangku SMP, karena saya masih menggunakan komputer. Dan itu menurut saya perkembangan untuk proses belajar dan pembelajaran saya agak sedikit lambat, karena tidak bisa di bawa kemana- mana, cuman bisa di gunakan di dalam rumah saja. Dari Laptop saya sering memanfaatkan internet di lingkungan kampus salah satu nya adalah saya bisa lebih mudah dan efisien untuk mengerjakan, dan mencari bahan mata kuliah atau mencari jawaban dari tugas-tugas yang di berikan oleh dosen-dosen. Tidak hanya diam dan menunggu untuk sampai pulang ke rumah. Pokoknya saya bersyukur sudah bisa merasakan perkembangan zaman yang teknologi- teknologinya semakin maju saja.

Menurut Kenji Kitao, setidaknya ada enam fungsi internet yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari :
1. Sebagai alat komunikasi.
2. Sebagai alat mengakses informasi.
3. Sebagai pendidikan dan pembelajaran
4. Sebagai fungsi tambahan.
5. Sebagai pelengkap.
6. Sebagai pengganti.

Ternyata peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalan Bidang Pendidikan (e-education)
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran-pergeseran dalam dunia pendidikan dari tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka dan lebih fleksibel. Beberapa ahli sejak dulu telah meramalkan perubahan-perubahan di bidang pendidikan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Menurut Rosenberg dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:
1. Dari pelatihan ke penampilan.
2. Dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja.
3. Dari kertas ke “on line” atau saluran.
4. Dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja.
5. Dari waktu siklus ke waktu nyata.

Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Seperti saya sekarang ini, kini saya dan teman- teman jadi selangkah lebih maju lagi, karena sistem belajar kami tidak lagi seperti biasanya.

Kini saya dan teman- teman sudah bisa menerapkan lima pergeseran dalam proses pembelajaran. Sehingga saya dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir menurut pengalaman pribadi saya adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Menurut Rosenberg e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu:

1. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi.

2. pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.

3. memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional. Saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK.

25 februari 2010
ZAHRA AFIFA
091301048

DAFTAR PUSTAKA
Santrock,John W.2004. Psikologi Pendidikan.Kencana.Jakarta
Munir. 2008 . Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.Alfabeta.Bandung

0 Response to "KEMAJUAN TEKNOLOGI DARI ZAMAN KE ZAMAN; Tugas Individu 1"

Posting Komentar